Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya kalau sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberi ancaman.
Oleh karena itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Keputusan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen setia bisa juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa efek atas kelengahan konsumen setia:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila sesudah dijalankan perombakan kelar, konsumen setia menghendaki ikatan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus menebus tunggakannya serta dibutuhkan jadi permohonan ikatan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, media aduan rintihan konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi amat referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Di halaman pokok bakal dipertunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.