Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya bila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Oleh karena itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Keputusan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen serta PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal itu, konsumen bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kelengahan konsumen setia:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dikerjakan perombakan selesai, konsumen inginkan ikatan listrik kemabali jadi konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan lanjutan baru.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, tempat aduan keluhkesah konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id di browser pc atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Pada halaman penting akan dipertunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.