Berikut up-date terkini yang penting kalian pahami berkenaan cara cek bayar listrik komplet dan batas bayar listrik. Serta ada sejumlah perihal tentang aturan penempatan listrik, denda yang terlambat bayar listrik, cara pembayaran listrik yang simpel dan sejumlah langkah dalam pembelian yang paling digemari sekarang ini

batas pembayaran listrik

Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?

Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.

Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.

Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.

Walaupun sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.

Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.

Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.

“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.

 

Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?

Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dikatakan konsumen dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN

Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.

Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.

Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.

Disamping hal semacam itu, konsumen setia dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.

Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.

Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kesalahan konsumen setia:

Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.

Kalau 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.

Paling akhir apabila selesai dilaksanakan perombakan selesai, konsumen mendambakan tambahan listrik kemabali jadi konsumen setia harus tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan menjadi permohonan tambahan anyar.

 

cek tagihan listrik pasca bayar

cek bayar listrik

Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek bayar listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas laporan rintihan konsumen serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.

 

Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita

Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.

  • Sesudah itu, daftar serta login
  • Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
  • Di sana kamu dapat ketahui berapakah tagihan kamu

Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke kawan-kawan kamu, jadi benar-benar referensi sekali.

Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:

  • Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
  • Membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Putuskan sisi ‘Informasi’.
  • Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  • Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
  • Click ‘Cari’.
  • Di monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dilunasi.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS

Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.

 

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.

Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.

Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.

Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.

Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN

Buat konsumen setia yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.

  • Datangi web Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau smartphone.
  • Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Kerjakan registrasi account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
  • Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, serta verifikasi kata kunci
  • Sesudah usai, click ‘Daftar’.
  • Cek e-mail buat pengaktifan account
  • Masuk memanfaatkan account serta password

Di halaman khusus bakal ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.

LihatTutupKomentar