Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Sebab itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Aturan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal itu, konsumen bisa juga mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa efek atas kesalahan konsumen:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dikerjakan perombakan tuntas, konsumen mengidamkan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan lanjutan baru.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas laporan rintihan konsumen serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau ribet mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, kata kunci, serta verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Pada halaman inti bakal ditayangkan data tagihan listrik dan pembelian token.