Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang meneror.
Karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Peraturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen setia serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal semacam itu, konsumen setia juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas keteledoran konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karenanya PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dijalankan perombakan selesai, konsumen setia mengharapkan ikatan listrik kemabali karena itu konsumen setia tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan lanjutan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, tempat laporan rintihan konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak mau ribet mengambil aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau handphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Pada halaman khusus akan ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.