Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Oleh karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Peraturan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Bila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, jadi PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dilaksanakan perombakan selesai, konsumen setia mengidamkan tambahan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus menebus tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan ikatan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas aduan rintihan konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap kawan-kawan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id di browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, serta verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Di halaman khusus dapat dipertunjukkan data tagihan listrik serta pembelian token.