Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya kalau sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberi ancaman.
Karenanya utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Peraturan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dikatakan konsumen dan PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal itu, konsumen setia dapat juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Kalau 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karena itu PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila seusai dikerjakan perombakan tuntas, konsumen mendambakan lanjutan listrik kemabali jadi konsumen harus tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan sebagai permohonan ikatan anyar.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, tempat laporan keluhkesah konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke rekan-rekan kamu, jadi amat referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik dan nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Di halaman penting dapat diunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.