Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang meneror.
Karenanya keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Keputusan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen setia juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila seusai dikerjakan perombakan selesai, konsumen inginkan kaitan listrik kemabali jadi konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan kaitan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, tempat laporan rintihan konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, dan verifikasi password
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Di halaman penting bakal ditunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.