Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Sebab itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Keputusan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen bisa pula mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.
Kalau 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila seusai dijalankan perombakan usai, konsumen setia mengharapkan tambahan listrik kemabali karenanya konsumen setia harus tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan tambahan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada rekan-rekan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak akan ribet mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id pada browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, dan verifikasi kata kunci
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Pada halaman penting dapat ditayangkan info tagihan listrik serta pembelian token.