Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Karena itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat dan Keputusan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal semacam itu, konsumen setia dapat juga mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kelengahan konsumen setia:
Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karena itu PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dilaksanakan perombakan selesai, konsumen menghendaki tambahan listrik kemabali karenanya konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan kaitan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cara cek pembayaran listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh-kesah konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada kawan-kawan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak mau ribet mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, dan verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Di halaman penting akan dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.