Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberi ancaman.
Oleh karena itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Aturan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal itu, konsumen juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila seusai dijalankan perombakan kelar, konsumen mengharapkan lanjutan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan tambahan anyar.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, tempat aduan rintihan konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat ketahui berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id pada browser computer atau smartphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Pada halaman khusus akan diunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.