Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping hal itu, konsumen dapat juga lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa dampak atas kesalahan konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dilaksanakan perombakan kelar, konsumen mengharapkan kaitan listrik kemabali karena itu konsumen setia tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan lanjutan baru.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id di browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, password, dan verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Pada halaman penting dapat diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.