Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberi ancaman.
Oleh karena itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali perihal itu, konsumen bisa pula kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa efek atas kesalahan konsumen setia:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila seusai dijalankan perombakan tuntas, konsumen mengidamkan kaitan listrik kemabali karena itu konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan tambahan anyar.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat mengecek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat laporan keluhkesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu akan ketahui berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke kawan-kawan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan ribet mengambil aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Service.pln.co.id pada browser pc atau smartphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan password
Di halaman penting bakal ditunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.