Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.
Oleh karena itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Keputusan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen setia juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen setia:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dikerjakan perombakan kelar, konsumen menghendaki lanjutan listrik kemabali jadi konsumen harus tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan tambahan baru.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, media aduan rintihan konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu jadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap kawan-kawan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak mau ribet mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id di browser pc atau smartphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi password
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Pada halaman khusus dapat diperlihatkan info tagihan listrik serta pembelian token.