Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang meneror.
Oleh karena itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Peraturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dikatakan konsumen serta PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dikerjakan perombakan usai, konsumen mendambakan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya serta dibutuhkan menjadi keinginan tambahan anyar.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk lihat tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, tempat laporan keluh kesah konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu bakal ketahui berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak akan ribet mengambil aplikasi, PLN memberinya layanan cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser computer atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, password, dan verifikasi kata kunci
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman pokok bakal diunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.