Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang mengintimidasi.
Karenanya utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Ketetapan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dikatakan konsumen serta PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kesalahan konsumen setia:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dijalankan perombakan tuntas, konsumen setia mengharapkan tambahan listrik kemabali karena itu konsumen harus tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan kaitan anyar.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, media aduan keluh kesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu bakal ketahui berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id di browser computer atau mobile-phone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, dan verifikasi kata kunci
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Di halaman inti akan ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.