Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.
Oleh karena itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Service dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali hal itu, konsumen bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen setia:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karena itu PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila sesudah dijalankan perombakan tuntas, konsumen mengharapkan lanjutan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan sebagai permohonan lanjutan anyar.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk mengecek tagihan listrik, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh-kesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke rekan-rekan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi situs Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau mobile-phone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi password
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Di halaman pokok bakal diunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.