Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang mengintimidasi.
Karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Aturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dimaksud konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal itu, konsumen bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen:
Bila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau seusai dijalankan perombakan selesai, konsumen setia mengharapkan tambahan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus menebus tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan tambahan anyar.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk mengecek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan rintihan konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi situs Service.pln.co.id di browser pc atau mobile-phone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor telpon seluler, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Di halaman khusus bakal diperlihatkan info tagihan listrik dan pembelian token.