Berikut up-date teranyar yang perlu kalian kenali terkait cara cek pembayaran listrik komplet bersama-sama batas akhir bayar listrik. Dan ada sejumlah hal tentang ketetapan penempatan listrik, denda yang terlambat bayar listrik, cara pembayaran listrik yang gampang bersama sejumlah langkah dalam pembelian yang amat digemari sekarang

cek bayar listrik

Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?

Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.

Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.

Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.

Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberi ancaman.

Karenanya utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.

Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.

“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.

 

Selanjutnya kapan batas bayar listrik?

Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Keputusan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN

Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.

Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.

Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.

Disamping hal itu, konsumen bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.

Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.

Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kesalahan konsumen setia:

Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak lakukan pemutusan sesaat.

Apabila 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.

Paling akhir apabila seusai dikerjakan perombakan usai, konsumen setia inginkan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen setia harus tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan ikatan baru.

 

cek pembayaran listrik

Kapan listrik dicabut telat bayar

Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk lihat tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media laporan keluh kesah konsumen setia dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.

 

Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita

Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.

  • Sesudah itu, daftar dan login
  • Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
  • Di sana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu

Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.

Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:

  • Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
  • Membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Putuskan sisi ‘Informasi’.
  • Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
  • Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
  • Click ‘Cari’.
  • Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang penting dibayarkan.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS

Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.

 

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.

Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.

Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.

Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.

Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN

Untuk konsumen yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.

  • Datangi web Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau hp.
  • Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Kerjakan registrasi account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
  • Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, dan verifikasi password
  • Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
  • Cek e-mail untuk pengaktifan account
  • Masuk memakai account dan kata kunci

Di halaman penting bakal diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.

LihatTutupKomentar