Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang memberi ancaman.
Sebab itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Peraturan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal semacam itu, konsumen setia bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Bila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dilaksanakan perombakan kelar, konsumen setia mengidamkan tambahan listrik kemabali jadi konsumen haruslah tetap menebus tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan lanjutan baru.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cara cek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, media aduan rintihan konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu jadi agen buat berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi amat referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak mau ribet mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, serta verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Di halaman khusus akan ditayangkan info tagihan listrik dan pembelian token.