Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Sebab itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Keputusan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen serta PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen setia bisa juga kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa efek atas kelengahan konsumen setia:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dijalankan perombakan kelar, konsumen setia mendambakan kaitan listrik kemabali karena itu konsumen setia haruslah tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan tambahan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenal berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi amat rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id pada browser pc atau hp.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, password, dan verifikasi kata kunci
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta kata kunci
Di halaman inti dapat ditayangkan info tagihan listrik serta pembelian token.