Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Oleh karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Peraturan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal semacam itu, konsumen bisa pula melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Bila 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, karenanya PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila sesudah dikerjakan perombakan usai, konsumen setia menghendaki kaitan listrik kemabali karenanya konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan sebagai permohonan ikatan baru.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk lihat tagihan listrik, bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, tempat laporan keluh-kesah konsumen setia dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap kawan-kawan kamu, jadi begitu rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi service cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Di halaman pokok akan dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.