Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Sebab itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah ditata dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Servis dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dikatakan konsumen dan PT PLN yang setelah itu disebutkan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Kecuali perihal itu, konsumen bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kesalahan konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dijalankan perombakan usai, konsumen mengharapkan ikatan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan lanjutan baru.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi layanan cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id di browser pc atau smartphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account dan kata kunci
Pada halaman pokok dapat diunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.