Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Karena itu keutamaan pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Keputusan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen setia bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Bila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila selesai dikerjakan perombakan tuntas, konsumen setia mendambakan tambahan listrik kemabali karenanya konsumen setia tetaplah harus melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan kaitan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cara cek bayar listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan keluhkesah konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi benar-benar referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, serta verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Di halaman inti bakal dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.