Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya bila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang memberi ancaman.
Oleh karena itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Keputusan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping perihal itu, konsumen bisa juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir apabila sehabis dilaksanakan perombakan selesai, konsumen setia mengidamkan ikatan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan menjadi permohonan kaitan baru.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN untuk cek tagihan listrik pasca bayar, negosiasi token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh kesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat ketahui berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada rekan-rekan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak akan ribet mendownload aplikasi, PLN memberinya layanan cek tagihan listrik lewat website website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account dan kata kunci
Pada halaman inti bakal diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.