Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa berkaitan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Karenanya utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Aturan Pasang/Anyar/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak melaksanakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karenanya PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila selesai dijalankan perombakan usai, konsumen menghendaki kaitan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan jadi keinginan lanjutan anyar.
lihat tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat mengecek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, tempat aduan keluh kesah konsumen setia serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, dan verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Di halaman inti bakal ditunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.