Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya bila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Sebab itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Servis dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Aturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen serta PT PLN yang setelah itu dimaksud PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali hal semacam itu, konsumen setia bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sesaat.
Apabila 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir apabila seusai dikerjakan perombakan tuntas, konsumen inginkan tambahan listrik kemabali jadi konsumen setia harus tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan kaitan anyar.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cara cek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, media aduan keluhkesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengenal berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke rekan-rekan kamu, jadi sangatlah referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak mau sibuk mendownload aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi password
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta kata kunci
Di halaman khusus dapat diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.