Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberi ancaman.
Sebab itu utamanya mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dikatakan konsumen setia serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali hal semacam itu, konsumen setia dapat juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 semenjak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, jadi PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau seusai dikerjakan perombakan kelar, konsumen setia inginkan kaitan listrik kemabali karenanya konsumen setia haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan tambahan anyar.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat lihat tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, fasilitas laporan keluhkesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Sesudah itu, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi benar-benar referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi halaman Service.pln.co.id pada browser computer atau mobile-phone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, serta verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account dan kata kunci
Di halaman inti akan ditunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.