Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Peraturan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dimaksud konsumen dan PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen setia bisa pula kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa resiko atas kesalahan konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia mengharapkan kaitan listrik kemabali jadi konsumen haruslah tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan selaku keinginan kaitan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN untuk cara cek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, media laporan rintihan konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu menjadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin sibuk mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser computer atau handphone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan register account lebih dahulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Pada halaman inti dapat diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.