Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya kalau sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Servis dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Peraturan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN punya hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengetesan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal itu, konsumen dapat juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Apabila 60 semenjak dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karenanya PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dijalankan perombakan selesai, konsumen mengharapkan lanjutan listrik kemabali jadi konsumen setia haruslah tetap membayar tunggakannya serta dibutuhkan selaku keinginan lanjutan anyar.
cara cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek tagihan listrik pasca bayar, bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi benar-benar saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik bersama nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya layanan cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, dan verifikasi kata kunci
- Sehabis tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Pada halaman inti akan diperlihatkan info tagihan listrik serta pembelian token.