Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberikan ancaman.
Karenanya keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Lalu kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria dan Peraturan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen.
Disamping hal semacam itu, konsumen setia bisa juga melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kesalahan konsumen setia:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 sejak mulai dikerjakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia menghendaki kaitan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya serta dibutuhkan sebagai permohonan tambahan baru.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cek tagihan listrik pasca bayar, transaksi bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas aduan keluhkesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya terhadap rekan-rekan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memanfaatkan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tidak akan sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, serta verifikasi password
- Sehabis usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta kata kunci
Di halaman khusus dapat ditayangkan data tagihan listrik serta pembelian token.