Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di kelompok pembacaa perihal batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya kalau hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang memberikan ancaman.
Sebab itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Keputusan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya disebutkan konsumen dan PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali perihal itu, konsumen bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas keteledoran konsumen setia:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sebentar.
Kalau 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir kalau selesai dikerjakan perombakan selesai, konsumen mengidamkan kaitan listrik kemabali jadi konsumen haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan sebagai permohonan lanjutan baru.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek bayar listrik, bisnis token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media laporan keluh kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu
Dan entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi bakal tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen setia yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan registrasi account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, dan verifikasi password
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan password
Pada halaman penting bakal ditayangkan info tagihan listrik serta pembelian token.