Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya bila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.
Karenanya keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Selanjutnya kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat dan Keputusan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN lakukan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya hal itu, konsumen juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen setia:
Apabila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sesaat.
Apabila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karena itu PLN punya hak melaksanakan perombakan.
Paling akhir bila sesudah dijalankan perombakan tuntas, konsumen inginkan lanjutan listrik kemabali karena itu konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan kaitan anyar.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat mengecek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh-kesah konsumen setia serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu menjadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya pada kawan-kawan kamu, jadi begitu saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, dan verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Pada halaman inti akan dipertunjukkan info tagihan listrik serta pembelian token.