Berikut up-date terakhir yang penting kalian pahami terkait cara cek tagihan listrik komplet bersama-sama batas akhir bayar listrik. Serta ada sekian banyak hal tentang ketetapan penempatan listrik, denda yang terlambat bayar listrik, cara pembayaran listrik yang ringan bersama-sama beberapa langkah dalam pembelian yang sangat disenangi sekarang ini

cek bayar listrik

Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?

Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.

Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.

Beberapa orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.

Walau sebenarnya bila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang memberikan ancaman.

Oleh karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.

Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.

“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semua tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.

 

Terus kapan batas bayar listrik?

Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria dan Ketetapan Pasang/Baru/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen yang seterusnya dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN

Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.

Menunjuk di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN punya hak lakukan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.

Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.

Kecuali perihal itu, konsumen setia juga dapat lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.

Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.

Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas kelengahan konsumen:

Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.

Apabila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN punya hak kerjakan perombakan.

Paling akhir bila selesai dikerjakan perombakan usai, konsumen setia menghendaki ikatan listrik kemabali karenanya konsumen tetaplah harus menebus tunggakannya serta dibutuhkan sebagai permohonan tambahan anyar.

 

cara cek tagihan listrik

batas pembayaran listrik

Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cek tagihan listrik pasca bayar, negosiasi token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, tempat aduan rintihan konsumen setia dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.

 

Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita

Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.

  • Seterusnya, daftar serta login
  • Membuka feature PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
  • Di sana kamu dapat mengenali berapakah tagihan kamu

Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap kawan-kawan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.

Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:

  • Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
  • Membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Putuskan sisi ‘Informasi’.
  • Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  • Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
  • Click ‘Cari’.
  • Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dibayarkan.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS

Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.

 

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.

Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.

Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.

Buat stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.

Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN

Buat konsumen yang tidak mau ribet mendownload aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.

  • Singgahi situs Service.pln.co.id pada browser computer atau telpon seluler.
  • Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Melakukan register account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
  • Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, serta verifikasi kata kunci
  • Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
  • Cek e-mail untuk pengaktifan account
  • Masuk memanfaatkan account dan password

Pada halaman khusus bakal diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.

LihatTutupKomentar