Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya apabila hingga terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang memberikan ancaman.
Sebab itu utamanya menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Aturan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen setia serta PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN
Diambil dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Kecuali perihal itu, konsumen dapat juga mengerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa dampak atas keteledoran konsumen:
Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir apabila seusai dijalankan perombakan tuntas, konsumen setia mendambakan ikatan listrik kemabali jadi konsumen tetaplah harus membayar tunggakannya dan dibutuhkan menjadi permohonan tambahan anyar.
mengecek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek histori penggunaan listrik, tempat laporan rintihan konsumen setia serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Selanjutnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Di sana kamu dapat ketahui berapakah tagihan kamu
Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi amat referensi sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak akan ribet mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Singgahi web Service.pln.co.id pada browser computer atau smartphone.
- Pada sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Di halaman penting bakal ditayangkan info tagihan listrik serta pembelian token.