Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas akhir bayar listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya bila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang memberikan ancaman.
Sebab itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas akhir bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang sesudah itu disebutkan konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya dikatakan PLN
Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), apabila ada konsumen setia tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen setia bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen setia melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 sejak mulai dijalankan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, jadi PLN memiliki hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau seusai dijalankan perombakan usai, konsumen menghendaki ikatan listrik kemabali jadi konsumen setia harus tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan ikatan baru.
cek pembayaran listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cara cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek histori penggunaan listrik, fasilitas laporan keluh-kesah konsumen serta ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya ke kawan-kawan kamu, jadi begitu referensi sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai buat cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam periode waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan sibuk mendownload aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.
- Datangi situs Service.pln.co.id di browser computer atau hp.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
- Di halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi kata kunci
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e-mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Pada halaman pokok dapat ditunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.