Berikut up-date teranyar yang wajib kalian kenali perihal cara cek tagihan listrik komplet dan batas akhir bayar listrik. Serta ada banyak hal tentang ketentuan penempatan listrik, denda yang terlambat bayar listrik, cara pembayaran listrik yang ringan bersama beberapa langkah dalam pembelian yang amat disukai sekarang ini

cek bayar listrik

Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas tanggal pembayaran listrik?

Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.

Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.

Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.

Meski sebenarnya kalau hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang mengintimidasi.

Karenanya utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya untuk konsumen setia.

Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Servis serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.

“Customer dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.

 

Terus kapan batas akhir bayar listrik?

Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Prasyarat dan Keputusan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dimaksud konsumen serta PT PLN yang setelah itu dikatakan PLN

Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.

Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.

Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN melaksanakan kalkulasi tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.

Disamping perihal itu, konsumen bisa pula kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.

Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.

Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa kemungkinan atas kelengahan konsumen setia:

Kalau konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, jadi PLN punya hak melaksanakan pemutusan sesaat.

Bila 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN punya hak kerjakan perombakan.

Paling akhir apabila seusai dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia mendambakan kaitan listrik kemabali jadi konsumen setia harus tetap melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan jadi permohonan ikatan baru.

 

cek bayar listrik

Kapan listrik dicabut telat bayar

Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cek tagihan listrik pasca bayar, bisnis token listrik, cek histori pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh-kesah konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.

 

Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita

Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.

  • Kemudian, daftar serta login
  • Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
  • Disana kamu akan mengenal berapakah tagihan kamu

Dan simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu bisa jadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan sebagainya ke kawan-kawan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.

Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:

  • Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
  • Membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Tentukan sisi ‘Informasi’.
  • Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
  • Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
  • Click ‘Cari’.
  • Pada monitor aplikasi bakal menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS

Cek tagihan listrik bisa dijalankan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.

 

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.

Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.

Buat abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.

Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.

Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN

Untuk konsumen yang tidak mau ribet mendownload aplikasi, PLN memberinya service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.

  • Datangi situs Service.pln.co.id di browser pc atau hp.
  • Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Kerjakan register account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
  • Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor hp, kata kunci, dan verifikasi password
  • Sehabis usai, click ‘Daftar’.
  • Cek e-mail buat pengaktifan account
  • Masuk memakai account dan password

Pada halaman khusus bakal ditayangkan info tagihan listrik dan pembelian token.

LihatTutupKomentar