Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai saat ini belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meskipun sebenarnya kalau hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa kemungkinan yang meneror.
Karenanya keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap-tiap bulannya buat konsumen setia.
Kebijakan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah ditata dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Layanan serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Lalu kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Kriteria serta Aturan Pasang/Anyar/ Transisi Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu disebutkan konsumen setia serta PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karena itu PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan hitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Selainnya hal semacam itu, konsumen bisa pula mengerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas kesalahan konsumen setia:
Kalau konsumen setia melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sebentar.
Bila 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karenanya PLN punya hak mengerjakan perombakan.
Paling akhir kalau seusai dijalankan perombakan selesai, konsumen setia inginkan lanjutan listrik kemabali jadi konsumen setia harus tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan tambahan baru.
cek tagihan listrik pasca bayar
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat aduan keluh kesah konsumen serta masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Selanjutnya, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat jadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain ke kawan-kawan kamu, jadi benar-benar rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan gunakan SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu sebulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Buat stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak akan ribet mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Singgahi halaman Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau mobile-phone.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account terlebih dulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Seusai tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Di halaman khusus dapat diperlihatkan info tagihan listrik serta pembelian token.