Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?
Beberapa pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa berkenaan batas pembayaran listrik.
Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti info sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Meski sebenarnya apabila hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang meneror.
Sebab itu utamanya mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.
Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kwalitas Layanan dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat dan Keputusan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya disebutkan konsumen dan PT PLN yang seterusnya disebutkan PLN
Dilansir dari halaman resminya, PT PLN (Persero) memberinya batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak kerjakan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.
Selainnya perihal itu, konsumen bisa juga lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dijalankan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:
Kalau konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 mulai sejak dikerjakan pemutusan sementara konsumen belum menebus bill-nya, jadi PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila sehabis dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen menghendaki kaitan listrik kemabali karena itu konsumen harus tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan sebagai permohonan lanjutan baru.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, fasilitas aduan keluh-kesah konsumen dan masihlah banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore buat pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Di sana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberi pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap rekan-rekan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Tentukan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat tampilkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tidak mau ribet mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi web Pelayanan.pln.co.id di browser computer atau smartphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi password
- Selesai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account serta password
Di halaman inti akan diperlihatkan data tagihan listrik dan pembelian token.