Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan pembayaran listrik terakhir tanggal berapa?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mendalami info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walaupun sebenarnya apabila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.
Karena itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah dirapikan dalam Aturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kualitas Service serta Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua zaman pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.
Terus kapan batas waktu pembayaran listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Peraturan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN punya hak mengerjakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN mengerjakan penghitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen.
Kecuali hal itu, konsumen juga dapat mengerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai sama Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sebentar.
Bila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karenanya PLN punya hak kerjakan perombakan.
Paling akhir kalau sesudah dikerjakan perombakan kelar, konsumen setia menghendaki tambahan listrik kemabali jadi konsumen harus tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan menjadi keinginan kaitan baru.
cara cek bayar listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat lihat tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah pemanfaatan listrik, media aduan keluhkesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu akan mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan cost admin yang murah. Gak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberinya service pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya terhadap rekan-rekan kamu, jadi sangatlah rujukan sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan dan Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai buat cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen yang tak mau ribet mendownload aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Singgahi halaman Pelayanan.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
- Di bagian ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Kerjakan register account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor telpon seluler, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
- Sesudah usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail buat pengaktifan account
- Masuk gunakan account dan kata kunci
Di halaman inti bakal diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.