Berikut up-date teranyar yang penting kalian kenali berkenaan cara cek bayar listrik komplet dan batas akhir bayar listrik. Dan ada sekian banyak soal tentang ketetapan penempatan listrik, denda yang terlambat bayar listrik, cara pembayaran listrik yang gampang dan beberapa langkah dalam pembelian yang amat disukai sekarang

cek bayar listrik

Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir bayar listrik?

Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di kelompok pembacaa terkait batas pembayaran listrik.

Artikel ini kemungkinan dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk pahami data tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.

Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum mengerti kapan jatuh tempopembayaran listrik.

Meski sebenarnya kalau hingga sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.

Oleh karena itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen.

Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya udah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kwalitas Service serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.

“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler diharuskan bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.

 

Terus kapan batas waktu pembayaran listrik?

Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan serta Ketetapan Pasang/Anyar/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu dikatakan konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN

Dilansir dari web resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.

Mengarah di Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara tambahan listrik konsumen.

Untuk dimengerti bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN kerjakan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pengetesan fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.

Disamping perihal itu, konsumen setia juga dapat melaksanakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.

Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.

Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) di bawah ini beberapa efek atas keteledoran konsumen setia:

Kalau konsumen melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.

Kalau 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum menebus bill-nya, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.

Paling akhir kalau selesai dilaksanakan perombakan usai, konsumen setia mendambakan tambahan listrik kemabali jadi konsumen haruslah tetap membayar tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan tambahan baru.

 

lihat tagihan listrik

cek bayar listrik

Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN buat cek tagihan listrik pasca bayar, transaksi bisnis token listrik, cek kisah penggunaan listrik, tempat aduan keluhkesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.

 

Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita

Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.

  • Selanjutnya, daftar dan login
  • Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
  • Di sana kamu bakal mengenali berapakah tagihan kamu

Dan gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Tidak cuma itu, di Linkita kamu dapat jadi agen untuk memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.

Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:

  • Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
  • Membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Tentukan sisi ‘Informasi’.
  • Buat cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
  • Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
  • Click ‘Cari’.
  • Pada monitor aplikasi dapat memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang perlu dibayarkan.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS

Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam periode waktu 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan untuk memperoleh info tagihan listrik.

 

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.

Untuk cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, REK 8990987689.

Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.

Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.

Catatan: Untuk nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos sejumlah Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN

Untuk konsumen yang tak ingin ribet mendownload aplikasi, PLN berikan servis cek tagihan listrik lewat blog website. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.

  • Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau hp.
  • Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Kerjakan registrasi account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
  • Di halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, kata kunci, serta verifikasi kata kunci
  • Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
  • Cek e mail untuk pengaktifan account
  • Masuk memakai account dan kata kunci

Di halaman penting akan dipertunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.

LihatTutupKomentar