Berikut up-date teranyar yang wajib kalian pahami berkenaan cek bayar listrik komplet bersama batas akhir bayar listrik. Dan ada sejumlah soal berkenaan ketentuan penempatan listrik, denda yang terlambat bayar listrik, cara pembayaran listrik yang simpel bersama-sama beberapa langkah dalam pembelian yang sangat disenangi sekarang ini

cek bayar listrik

Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas tanggal pembayaran listrik?

Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih kerapkali banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.

Artikel ini barangkali dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.

Beberapa orang yang sampai saat ini belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.

Walaupun sebenarnya kalau sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.

Sebab itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.

Peraturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.

“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semua tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.

 

Lalu kapan batas bayar listrik?

Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Kriteria serta Aturan Pasang/Anyar/ Pengubahan Daya Online di antara Konsumen setia yang setelah itu dimaksud konsumen setia dan PT PLN yang seterusnya dimaksud PLN

Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.

Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, jadi PLN punya hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.

Untuk dimengerti bersama, buat konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan kalkulasi tagihan listrik memakai hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.

Disamping hal itu, konsumen setia bisa pula mengerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.

Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.

Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas kelengahan konsumen setia:

Bila konsumen melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, jadi PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sesaat.

Kalau 60 mulai sejak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum membayar bill-nya, karena itu PLN punya hak kerjakan perombakan.

Paling akhir apabila seusai dijalankan perombakan usai, konsumen setia inginkan tambahan listrik kemabali karena itu konsumen setia haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi keinginan ikatan anyar.

 

cara cek tagihan listrik

Kapan listrik dicabut telat bayar

Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung pelayanan PLN untuk cek pembayaran listrik, negosiasi token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, tempat laporan keluh-kesah konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.

 

Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita

Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, tergolong produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.

  • Selanjutnya, daftar serta login
  • Membuka feature PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
  • Di sana kamu dapat mengerti berapakah tagihan kamu

Serta gampangnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan cost admin yang murah. Gak cuma itu, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada kawan-kawan kamu, jadi begitu saran sekali.

Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:

  • Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
  • Membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Tentukan sisi ‘Informasi’.
  • Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
  • Tambahkan nomor konsumen atau nomor meteran.
  • Click ‘Cari’.
  • Di monitor aplikasi bakal memperlihatkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang wajib dibayarkan.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS

Cek tagihan listrik bisa dilaksanakan memakai SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan serta cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.

 

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.

Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.

Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN ON 987323847361.

Untuk stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.

Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN

Buat konsumen yang tidak mau ribet mendownload aplikasi, PLN memberinya layanan cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.

  • Datangi web Service.pln.co.id pada browser pc atau telpon seluler.
  • Di bagian ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Kerjakan register account terlebih dulu di bagian ‘Daftar Akun’.
  • Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e-mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor mobile-phone, password, serta verifikasi kata kunci
  • Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
  • Cek e mail untuk pengaktifan account
  • Masuk memakai account serta password

Di halaman penting akan diperlihatkan info tagihan listrik dan pembelian token.

LihatTutupKomentar