Berikut up-date terkini yang wajib kalian pahami perihal lihat tagihan listrik komplet dan batas waktu pembayaran listrik. Dan ada sekian banyak hal terkait aturan penempatan listrik, denda yang terlambat bayar listrik, cara pembayaran listrik yang ringan dan sejumlah langkah dalam pembelian yang amat disenangi sekarang ini

batas pembayaran listrik

Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas bayar listrik?

Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.

Artikel ini kemungkinan dapat menolong beberapa pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.

Beberapa orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.

Walaupun sebenarnya bila sampai terlambat membayar listrik bakal ada beberapa efek yang memberi ancaman.

Sebab itu keutamaan mengerti jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen setia.

Aturan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sesungguhnya udah ditata dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 mengenai Tingkat Kualitas Servis dan Ongkos yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.

“Pelanggan dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruh tagihan rekening listrik sesua saat pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang peraturan itu.

 

Terus kapan batas tanggal pembayaran listrik?

Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Keputusan Pasang/Baru/ Transisi Daya Online di antara Konsumen yang sesudah itu dimaksud konsumen serta PT PLN yang sesudah itu disebutkan PLN

Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.

Menunjuk di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak melaksanakan pemutusan sementara ikatan listrik konsumen setia.

Untuk dipahami bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN mengerjakan hitungan tagihan listrik memanfaatkan hasil pencatatatn dan penelusuran fisik petugas PLN kepada angka kWh mtr. yang dipasang dalam rumah konsumen setia.

Kecuali hal semacam itu, konsumen bisa pula lakukan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen setia lewat aplikasi PLN Mobile.

Buat tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.

Sama dengan Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas keteledoran konsumen:

Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sebentar.

Kalau 60 mulai sejak dijalankan pemutusan sementara konsumen belum melunaskan bill-nya, karenanya PLN punya hak melaksanakan perombakan.

Paling akhir apabila selesai dikerjakan perombakan kelar, konsumen setia mengidamkan ikatan listrik kemabali karenanya konsumen setia tetaplah harus menebus tunggakannya serta dibutuhkan sebagai keinginan ikatan baru.

 

cek pembayaran listrik

cek bayar listrik

Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka service PLN untuk mengecek tagihan listrik, negosiasi token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas laporan rintihan konsumen serta masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko buat pemakai iOS.

 

Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita

Aplikasi linkitq sebagai aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.

  • Seterusnya, daftar serta login
  • Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen setia PLN kamu
  • Disana kamu akan mengenal berapakah tagihan kamu

Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu bisa jadi agen buat memberinya pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan seterusnya pada rekan-rekan kamu, jadi begitu saran sekali.

Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:

  • Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
  • Membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Putuskan sisi ‘Informasi’.
  • Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
  • Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
  • Click ‘Cari’.
  • Pada monitor aplikasi akan tampilkan tagihan listrik dan nominal yang wajib dibayarkan.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS

Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen setiap bulan buat mendapatkan info tagihan listrik.

 

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.

Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.

Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Umpamanya, PLN ON 987323847361.

Untuk stop abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.

Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms digunakan ongkos senilai Rp500 (belum termaksud ppn 10%) per-SMS.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN

Buat konsumen setia yang tidak mau sibuk mengambil aplikasi, PLN memberi servis cek tagihan listrik lewat web situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.

  • Singgahi situs Pelayanan.pln.co.id di browser pc atau handphone.
  • Pada sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Kerjakan registrasi account lebih dahulu di bagian ‘Daftar Akun’.
  • Pada halaman register account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor smartphone, password, dan verifikasi password
  • Selesai tuntas, click ‘Daftar’.
  • Cek e-mail buat pengaktifan account
  • Masuk memanfaatkan account serta kata kunci

Pada halaman pokok bakal ditayangkan info tagihan listrik serta pembelian token.

LihatTutupKomentar