Berikut up-date terkini yang wajib kalian pahami berkenaan cara cek pembayaran listrik komplet bersama-sama batas tanggal pembayaran listrik. Serta ada banyak soal terkait ketetapan penempatan listrik, denda yang terlambat bayar listrik, cara pembayaran listrik yang ringan dan beberapa langkah dalam pembelian yang amat disenangi sekarang

cek bayar listrik

Tiap-tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Dan kapan batas akhir pembayaran listrik?

Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa perihal batas pembayaran listrik.

Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.

Banyak orang-orang yang sampai saat ini belum pahami kapan jatuh tempopembayaran listrik.

Walau sebenarnya bila hingga sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa efek yang mengintimidasi.

Karena itu keutamaan menyadari jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.

Aturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sesungguhnya telah dirapikan dalam Ketetapan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.

“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler harus bayar semuanya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang dikukuhkan PT PLN,” terang peraturan itu.

 

Lalu kapan batas tanggal pembayaran listrik?

Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Prasyarat serta Keputusan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen setia dan PT PLN yang sesudah itu dimaksud PLN

Dilansir dari situs resminya, PT PLN (Persero) berikan batas sangat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap bulannya.

Menunjuk pada Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen tidak bayar pada batas waktu itu atau melalui tanggal 20, jadi PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara lanjutan listrik konsumen setia.

Untuk dimengerti bersama, untuk konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan kalkulasi tagihan listrik gunakan hasil pencatatatn dan pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.

Kecuali hal semacam itu, konsumen setia dapat juga lakukan tulis mtr. berdikari yang diantar konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.

Untuk tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.

Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut di bawah ini beberapa resiko atas keteledoran konsumen:

Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karena itu PLN punya hak mengerjakan pemutusan sesaat.

Bila 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen setia belum melunaskan bill-nya, jadi PLN memiliki hak melaksanakan perombakan.

Paling akhir kalau sehabis dijalankan perombakan tuntas, konsumen setia menghendaki kaitan listrik kemabali karena itu konsumen haruslah tetap menebus tunggakannya dan dibutuhkan sebagai keinginan tambahan anyar.

 

cara cek bayar listrik

cek bayar listrik

Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat cara cek bayar listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, media laporan keluh-kesah konsumen dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa didownload lewat Playstore buat pemakai Android serta App Toko buat pemakai iOS.

 

Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita

Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di tempat ini.

  • Sesudah itu, daftar dan login
  • Membuka spek PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
  • Di sana kamu bakal mengenal berapakah tagihan kamu

Serta entengnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk berikan service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap kawan-kawan kamu, jadi amat referensi sekali.

Berikut di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:

  • Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
  • Membuka aplikasi PLN Mobile.
  • Putuskan sisi ‘Informasi’.
  • Untuk cek tagihan listrik, tentukan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
  • Masukan nomor konsumen setia atau nomor meteran.
  • Click ‘Cari’.
  • Di monitor aplikasi akan menghadirkan tagihan listrik bersama-sama nominal yang penting dibayarkan.

 

Cara Cek Tagihan Listrik Memakai SMS

Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, adalah cek tagihan sekali dalam waktu sebulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan untuk memperoleh data tagihan listrik.

 

Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.

Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.

Untuk abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.

Buat stop langganan pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.

Catatan: Buat nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dikenai cost sejumlah Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN

Untuk konsumen yang tidak mau ribet mengambil aplikasi, PLN berikan layanan cek tagihan listrik lewat web website. Cara cek tagihan listrik lewat web PLN.

  • Singgahi situs Service.pln.co.id di browser computer atau handphone.
  • Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
  • Melakukan registrasi account terlebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
  • Pada halaman registrasi account, isi data diri berbentuk nama pemohon, e mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, kata kunci, dan verifikasi password
  • Seusai usai, click ‘Daftar’.
  • Cek e-mail buat pengaktifan account
  • Masuk memanfaatkan account serta password

Di halaman khusus akan diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.

LihatTutupKomentar