Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih sering banyak muncul di golongan pembacaa tentang batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk mengerti data sekitar tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Beberapa orang yang sampai sekarang belum mendalami kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya kalau sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa dampak yang mengintimidasi.
Oleh karena itu keutamaan mendalami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya buat konsumen.
Peraturan tagihan dan pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah dirapikan dalam Ketentuan Menteri Energi serta Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 terkait Tingkat Kualitas Service dan Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Customer dengan tari tenaga listrik reguler hendaknya bayar seluruhnya tagihan rekening listrik sesua waktu pembayaran yang ditentukan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Selanjutnya kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam naskah Persyaratan dan Ketetapan Pasang/Baru/ Perombakan Daya Online di antara Konsumen yang setelah itu disebutkan konsumen dan PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Diambil dari halaman resminya, PT PLN (Persero) berikan batas paling terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah di Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), kalau ada konsumen setia tidak bayar pada batas waktu itu atau melintasi tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak lakukan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen setia.
Untuk dipahami bersama, untuk konsumen listrik pascabayar, PLN kerjakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pengujian fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal semacam itu, konsumen setia juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang dikirimkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Untuk tulis mtr. berdikari bisa dilaksanakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap bulannya.
Sesuai Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa dampak atas keteledoran konsumen setia:
Apabila konsumen setia melintasi batas waktu pembayaran ialah tanggal 20, karenanya PLN punya hak melaksanakan pemutusan sesaat.
Kalau 60 semenjak dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, karena itu PLN memiliki hak lakukan perombakan.
Paling akhir bila seusai dilaksanakan perombakan tuntas, konsumen setia mengharapkan ikatan listrik kemabali karena itu konsumen haruslah tetap melunaskan tunggakannya dan dibutuhkan jadi permohonan ikatan baru.
cek bayar listrik
Lewat aplikasi terapan LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa membuka pelayanan PLN buat cara cek pembayaran listrik, bisnis token listrik, cek sejarah penggunaan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen setia dan ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, termaksud produk Listrik PLN. Kamu cukup unduh saja di playstore atau click di sini.
- Kemudian, daftar serta login
- Membuka spesifikasi PLN, lalu masukan ID konsumen PLN kamu
- Disana kamu akan mengenali berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung menebusnya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen untuk berikan pelayanan pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain pada kawan-kawan kamu, jadi sangatlah saran sekali.
Berikut cara cek tagihan listrik PLN online:
- Ambil aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Buat cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Di monitor aplikasi akan memperlihatkan tagihan listrik bersama nominal yang penting dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Memanfaatkan SMS
Cek tagihan listrik bisa dijalankan memanfaatkan SMS. Ada dua opsi yang dapat dipakai untuk cara ini, yakni cek tagihan sekali dalam waktu 1bulan dan cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Buat cek tagihan listrik /bulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen, kirim ke 8123. Umpamanya, REK 8990987689.
Buat abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Contohnya, PLN ON 987323847361.
Buat stop langganan pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Misalkan, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Buat nikmati sarana cek tagihan listrik melalui sms digunakan cost senilai Rp500 (belum terhitung ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Buat konsumen setia yang tidak akan ribet mendownload aplikasi, PLN berikan service cek tagihan listrik lewat blog situs. Cara cek tagihan listrik lewat website PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser pc atau mobile-phone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, tentukan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dahulu di sisi ‘Daftar Akun’.
- Pada halaman registrasi account, isi data diri berwujud nama pemohon, e mail, ID konsumen setia/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi kata kunci
- Sesudah tuntas, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memanfaatkan account serta password
Pada halaman penting dapat diunjukkan info tagihan listrik dan pembelian token.