Tiap tanggal berapakah tagihan listrik keluar? Serta kapan batas waktu pembayaran listrik?
Sejumlah pertanyaan semcam ini ternyata masih acapkali banyak muncul di golongan pembacaa terkait batas pembayaran listrik.
Artikel ini barangkali dapat menolong banyak pembaca menjawab beberapa pertanyaan itu, ermasuk menyadari info tentang tanggal berapakah tagihan listrik dihitung.
Banyak orang-orang yang sampai sekarang belum menyadari kapan jatuh tempopembayaran listrik.
Walau sebenarnya apabila sampai terlambat lakukan pembayaran listrik bakal ada beberapa resiko yang mengintimidasi.
Sebab itu utamanya pahami jatuh termin pembayaran listrik tiap bulannya untuk konsumen setia.
Kebijakan tagihan serta pembayaran listrik sendiri sebetulnya telah ditata dalam Ketentuan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 perihal Tingkat Kwalitas Layanan serta Cost yang Berkaitan dengan Pendistribusian Tenaga Listrik oleh PT PLN.
“Pembeli dengan tari tenaga listrik reguler disarankan bayar semua tagihan rekening listrik sesua periode pembayaran yang diputuskan PT PLN,” terang ketentuan itu.
Terus kapan batas bayar listrik?
Batas pembayaran listrik termaktub dalam document Persyaratan dan Peraturan Pasang/Baru/ Peralihan Daya Online di antara Konsumen setia yang seterusnya dikatakan konsumen serta PT PLN yang sesudah itu dikatakan PLN
Diambil dari situs resminya, PT PLN (Persero) memberi batas amat terlambat pembayaran tagihan listrikpelanggan pascabayar pada tanggal 20 tiap-tiap bulannya.
Mengarah pada Surat Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL), bila ada konsumen tidak bayar di batas waktu itu atau melalui tanggal 20, karenanya PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sementara kaitan listrik konsumen.
Untuk dipahami bersama, buat konsumen setia listrik pascabayar, PLN melaksanakan penghitungan tagihan listrik memakai hasil pencatatatn serta pemeriksaan fisik petugas PLN pada angka kWh mtr. yang dipasang di dalam rumah konsumen setia.
Disamping hal semacam itu, konsumen setia juga dapat kerjakan tulis mtr. berdikari yang diantarkan konsumen lewat aplikasi PLN Mobile.
Buat tulis mtr. berdikari bisa dikerjakan lewat menu tulis mtr. di tanggal 24-27 tiap-tiap bulannya.
Sesuai Surat Persetujuan Jual Membeli Tenaga Listrik (SPJBTL) berikut beberapa efek atas kelengahan konsumen:
Bila konsumen melalui batas waktu pembayaran yaitu tanggal 20, karena itu PLN memiliki hak mengerjakan pemutusan sebentar.
Kalau 60 sejak mulai dilaksanakan pemutusan sementara konsumen belum membayar bill-nya, jadi PLN punya hak lakukan perombakan.
Paling akhir kalau sehabis dijalankan perombakan kelar, konsumen mendambakan kaitan listrik kemabali karena itu konsumen tetaplah harus melunaskan tunggakannya serta dibutuhkan selaku permohonan lanjutan anyar.
cara cek tagihan listrik
Lewat aplikasi program LinKita, PLN Mobile, pemakai bisa terhubung service PLN buat mengecek tagihan listrik, transaksi bisnis token listrik, cek kisah pemanfaatan listrik, fasilitas aduan keluh kesah konsumen dan masih ada banyak kembali. Aplikasi itu yang bisa di download lewat Playstore untuk pemakai Android dan App Toko untuk pemakai iOS.
Cek bayar listrik dengan aplikasi LinKita
Aplikasi linkitq adalah aplikasi keagenan PPOB, terhitung produk Listrik PLN. Kamu cukup ambil saja di playstore atau click di sini.
- Seterusnya, daftar dan login
- Membuka spek PLN, lalu tambahkan ID konsumen setia PLN kamu
- Disana kamu bakal mengerti berapakah tagihan kamu
Serta simpelnya di aplikasi LinKita, kamu bsisa langsung melunasinya dengan ongkos admin yang murah. Tidak itu saja, di Linkita kamu dapat menjadi agen buat memberi service pembayaran, pulsa, tagihan dan lain-lain terhadap rekan-rekan kamu, jadi amat saran sekali.
Di bawah ini cara cek tagihan listrik PLN online:
- Download aplikasi PLN Mobile di App Toko atau Play Toko.
- Membuka aplikasi PLN Mobile.
- Putuskan sisi ‘Informasi’.
- Untuk cek tagihan listrik, putuskan ‘Informasi Tagihan serta Token Listrik’.
- Masukan nomor konsumen atau nomor meteran.
- Click ‘Cari’.
- Pada monitor aplikasi dapat menghadirkan tagihan listrik dan nominal yang perlu dilunasi.
Cara Cek Tagihan Listrik Gunakan SMS
Cek tagihan listrik bisa dikerjakan memakai SMS. Ada dua alternatif yang dapat dipakai untuk cara ini, ialah cek tagihan sekali dalam tempo sebulan serta cek tagihan dengan abonemen tiap-tiap bulan buat mendapatkan data tagihan listrik.
Berikut cara cek tagihan listrik melalui SMS.
Untuk cek tagihan listrik perbulan, tulis REK (spasi) No ID Konsumen setia, kirim ke 8123. Contohnya, REK 8990987689.
Untuk abonemen pernyataan data tagihan listrik, tulis PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit nomor ID konsumen setia, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN ON 987323847361.
Untuk stop abonemen pernyataan info tagihan listrik, tulis PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit nomor ID konsumen, kirim ke 8123. Semisalnya, PLN OFF 987323847361.
Catatan: Untuk nikmati layanan cek tagihan listrik melalui sms dipakai ongkos senilai Rp500 (belum tergolong ppn 10%) per-SMS.
Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Situs PLN
Untuk konsumen yang tak ingin sibuk mengambil aplikasi, PLN memberinya servis cek tagihan listrik lewat website situs. Cara cek tagihan listrik lewat blog PLN.
- Datangi web Service.pln.co.id pada browser pc atau handphone.
- Di sisi ‘Info Lainnya’, putuskan ‘Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token’.
- Melakukan registrasi account lebih dulu pada sisi ‘Daftar Akun’.
- Di halaman register account, isi data diri berwujud nama pemohon, e-mail, ID konsumen/nomor meteran, nomor handphone, password, dan verifikasi password
- Seusai usai, click ‘Daftar’.
- Cek e mail untuk pengaktifan account
- Masuk memakai account serta password
Di halaman inti bakal diunjukkan data tagihan listrik dan pembelian token.